Share |

Kamis, 29 Juli 2010

AMALAN DI BULAN RAMADHAN

Tidak terasa kita akan memasuki bulan Ramadhan, bulan yang sudah ditunggu-tunggu oleh umat islam seantero dunia, karena di bulan ini pintu rahmat dibuka selebar-lebarnya oleh Allah SWT. dan Apabila masuk bulan Ramadhan pula banyak amalan dan do'a yang seharusnya kita lakukan, agar pahala-pahala yang di taburkan oleh Allah SWT itu bisa kita dapatkan. diantara amalan-amalan dan do'a itu ialah : 

1. Jangan lepaskan dari tiap-tiap malam mengerjakan Sholat Tarawih dengan berjama'ah dan tiap-tiap malam melakukan sholat qiyamul lail ( Sholat tahajjud ). 

2. Memperbanyak sedekah, memberi hidangan berbuka kepada orang-orang yang berpuasa. 

3. Tetap berjama'ah di tiap-tiap sembahyang fardhu, iktikaf dimasjid dan memperbanyak membaca Al-qur'an. 

4. Memperbanyakkan bacaan sebagaimana dianjurkan Nabi Muhammad SAW sewaktu
hendak berbuka atau kapan-kapan saja. yaitu ;

اَشْهَدُ اَنْ لَا إِلٰهَ إِلاَّ اللهُ اَسْتَهْفِرُ اللهَ نَسْئَلُكَ الْجَنَّةَ وَنَعُوْذُبِكَ مِنَ النَّارِ

Artinya :
" Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan melainkan Allah dan aku memohon ampun kepada Allah, kami memohon kepada-Mu akan syurga dan kami memohon perlindungan-Mu dari api neraka ".

5. Juga memperbanyak membaca do'a sebagaimana yang disuruh oleh Nabi Muhammad SAW kepada Sayyidatina Aisyah RA, yaitu :

اَلَّلهُمَّ إِنَّكَ عَفُّوٌّ تُحِبُّ الْعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّي

Artinya :
" Ya Allah sesungguhnya engkau maha pemaaf, suka memberi maaf, maka berikanlah kemaafan keatasku ".

6. Sewaktu berbuka ucapkanlah :

اَلَّلهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَعَلٰى رِزْقِكَ اَفْطَرْتُ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّاحِمِيْن

Artinya :
" Ya allah KeranaMu aku berpuasa dan atas rizqiMu aku berbuka dengan rahmatMu wahai dzat yang maha pengasih lagi maha penyayang ".

7. Adalah amat di anjurkan kita berdo'a ketika menyambut kedatangan bulan Ramadhan, yaitu :

دعاء ميمبوت بولن رمضان


بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

اَلْحَمْدُ لِلّٰهِ الَّذِيْ شَرَّفَنَا بِظِلِّ شَهْرِ رَمَضَانَ الَّذِيْ اَنْزَلْتَ فِيْهِ الْمَلاَئِكَةُ وَ الرُّوْحُ الْكِرَامِ وَ الصَّلاَةُ وَ السَّلاَمُ عَلٰى سَيِّدِناَ مُحَمَّدٍ وَعَلٰى اٰلِه وَصَحْبِهِ الْكِرَامِ ،
اَلَّلهُمَّ اِنَّا نَسْئَلُكَ الْعِصْمَةَ وَاْلاَمَانَ عِنْدَ اِقْباَلِ رَمَضَانَ وَدُمْناَ عَلٰى اِقْبَالِ صِيَامِ رَمَضَانَ وَارْحَمْنَا وَبَارِكْ لَنَا عِنْدَ صِيَامِ رَمَضَانَ وَاَصْلِحْ جَمِيْعَ اَحْوَالَنَا وَاَحْلاَقَنَا وَاَعْمَالَنَا فِيْ صِيَامِ رَمَضَانَ - اَلَّلهُمَّ طَوِّلْ اَعْمَارَنَا بِبَرَكَةِ رَمَضَانَ وَحَسِّنْ اَخْلاَقَنَا بِجَاهِ رَمَضَانَ وَاجْعَلْ صِيَامَنَا هَذَا مُتَابِعَةً لِجَمِيْعِ الصِّيَامُ الَّذِيْ صَامَ بِهِ نَبِيِّنَا مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِرحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ وَصَلَّى اللهُ وَسَلَّمَ عَلَيْهِ وَالْحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ

Artinya :
" Dengan nama Allah yang maha pengasih lagi maha penyayang. Segala puja dan puji bagi Allah yang telah memuliakan akan kami dengan naungan bulan Ramadhan, yang turun padanya malaikat-malaikat dan roh-roh yang mulia, Sholawat dan salam atas junjungan kami nabi Muhammad dan para keluarga dan para sahabatnya ang mulia.
Kami mohon kepadaMu ya Allah pemeliharaan keamanan memasuki bulan Ramadhan dan tetapkanlah kami berpuasa di bulan Ramadhan, rahmatilah kami dan berkatilah dalam berpuasa Ramadhan dan perbaikilah segala keadaan kami dan akhlak kami dan sekalian amal kami dalam bulan Ramadhan.
Ya Allah lanjutkan usia kamu dengan berkat Ramadhan dan jadikanlah puasa kami ini mengikuti segala puasa yang dipuasakan oleh nabi kami Muhammad SAW, dengan rahmatMu ya Tuhan yang maha pengasih dan maha penyayang. kesejahteraan dan keselamatan atas nabi Muhammad dan segala puja dan puji bagi Allah tuhan seru sekalian alam ". 

Demikian tulisan singkat ini, semoga bisa bermanfaat bagi kita semua.
 

0 comments:

Posting Komentar